6 Motif Batu Akik Langka dan Khas Daerah Indonesia

Views:
Demam batu akik saat ini telah merambah semua kalangan, baik kalangan atas, tengah maupun bawah. Dimana dahulu dianggap sebagai benda mistis, sekarang malah menjadi salah satu aksesoris yang paling banyak di buru para kolektor batu mulia. Bahkan banyak dari para kolektor batu akik rela mencari ke suatu daerah tertentu dimana terdapat batu akik yang di anggap khas Indonesia, unik, dan langka.

6 Foto Motif Batu Akik Langka dan Khas Daerah Indonesia
6 Motif Batu Akik Langka dan Khas Daerah Indonesia/ Foto: Net (Pribadi)

Untuk menambah sedikit pengetahuan tentang batu mulia yang satu ini, penulis akan share beberapa batu akik yang khas suatu daerah di Indonesia. Dan kabarnya hanya bisa di temukan di daerah itu saja, berikut beberapa batu akik khas dari berbagai daerah yang sering di bicarakan orang banyak.
1. Batu Akik Sigori Lafau dari Nias Rp 15 Miliar

 
Di Kepulauan Nias, Sumatera Utara, terdapat sebuah batu jenis sigori lafau dan diharga Rp 15 miliar. Didalam batu akik seberat 4 gram terdapat butiran emas, perak, dan berlian yang tersebar di seluruh bagian. Beberapa warna dasar memenuhi ruang batu, yakni merah, kuning, abu-abu, merah muda, hitam, dan beberapa warna lainnya.  Batu sigori lafau ini diyakini masyarakat Kepulauan Nias sebagai salah satu batu tertua dan diyakini sebagai penangkal longsor.


2. Batu Akik Red Rafflesia dari Bengkulu
Batu akik asal Bengkulu yang populer dinamai "red rafflesia" beberapa kali memenangkan kontes batu akik Nusantara hingga menjadi incaran dan buruan para pencinta akik. Batu akik red rafflesia memiliki warna khas layaknya bunga raflesia. Ada juga yang berwarna merah.

3. Batu Akik Sisik Naga Motif Alam dari Sulawesi Selatan

 Batu akik jenis sisik naga (Septarian Noudles) di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, kedatangan sisik naga berwarna dasar hijau dan bercorak alam atau mirip pemandangan. Diman kulit luar dari batu ini coklat kehijauan. Keanekaragaman dalam corak sisik naga memang beragam, abstrak, dan warnanya juga beragam mulai berwarna merah, hitam, coklat, putih, perak dan emas. Kalau yang termasuk varian baru itu, batu akiknya berwarna hijau.

4. Batu Akik Motif Keris dari Semarang

Batu akik bermotif keris merupakan salah satu batu yang unik karena ada motif keris di dalamnya. Batu yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah ini dihargai Rp 500 juta. Batu ini seperti memiliki dua warna dasar dengan bagian bawahnya berwarna putih seperti awan. Sedangkan di atasnya terlihat sebuah keris logam yang terbalut dalam batu berwarna bening atau transparan.

5. Batu Akik Motif Macan dari Banyuwangi

Salah satu batu akik bermotif Leopard asal Kabupaten Banyuwangi ditawar puluhan juta rupiah. Batu akik dengan motif Leopard atau macan, sering ditemukan di perbukitan dan pinggiran pantai di Banyuwangi. Motif lain seperti jenis Pyrite dari dataran Afrika juga bisa ditemukan di Banyuwangi. Batu asal Banyuwangi mempunyai warna kontrasnya sangat terlihat, seperti warna hijau dan coklatnya sangat kontras.

6. Batu Akik Motif Sisik Naga Tembaga dari Sulawesi Selatan

Batu akik jenis sisik naga (Septarian naoudles) merupakan salah satu batu khas dara Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Di kabupaten Enrekang juga kadang ditemui sisik naga motif kura-kura yang mengandung tembaga, untuk ukuran medium diharga Rp 1,5 juta.

Demikian
6 Motif Batu Akik Langka dan Khas Daerah Indonesia
. Semog bisa menambah wawasan kita tentang duni batu mulia khas setiap daerah, dimana akhir-akhir ini batu akik salah satu dari batu mulia menjadi topik berbincangan paling hangat. Jangan lupa tinggalkan jejak di komentar iah, biar penulis bisa silaturahmi dengan mengunjung blog teman-teman. Sekian dan terima kasih.

Editor: Heru Setianto

Sumber: tren.batu.akik

0 Response to "6 Motif Batu Akik Langka dan Khas Daerah Indonesia"

Post a Comment

Your feedback is most welcome :)