Motinggo Boesje Sang Penulis Novel Tujuh Manusia Harimau

Views:
Motinggo Boesje merupakan nama pena dengan nama lahir sebenarnya adalah Bustami Djalid. Karya-karyanya banyak diterjemahkan ke bahasa asing, antara lain bahasa Ceko, Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, Korea, Jepang, dan Mandarin. Di taman kota Seoul, Korea Selatan, namanya terpahat indah di antara 1.000 penyair dunia.

Motinggo Boesje Sang Penulis Novel Tujuh Manusia Harimau
Motinggo Boesje Sang Penulis Novel Tujuh Manusia Harimau/ Foto Ilustrasi: instagram.com/katalogalerioma
Salah satu karyanya yaitu Tujuh Manusia Harimau (1987) yang diangkat menjadi sebuah sinetron di salah satu satsiun swasta , yang sedang hangat dan ramai menghiasi layar televisi bertemakan manusia yang mempunyai kekuatan lebih.

Kitab Serial Tujuh Manusia Harimau
Jilid 1 :Pantang Berdendam
Jilid 2 : Gadis Sakti
Jilid 3 :Murid Durhaka
Jilid 4 : Misteri Tirai Setanggi
Jilid 5 : Rahasia Kitab Tujuh
Jilid 6 : Aji Melati
Jilid 7 : Pendekar Wanita Buta
Jilid 8 : Amukan Pendekar Edan
Jilid 9 : Pedang Ratu Klabang
Jilid 10 : Pendekar Aneh Muka Aneh


7 Manusia Harimau merupakan sebuah sinetron yang menceritakan tentang manusia harimau produksi SinemArt yang ditayangkan RCTI. Sinetron ini diangkat dari Serial novel Tujuh Manusia Harimau karya Motinggo Boesje. Pada tahun 1986, jilid pertama dari novel tersebut telah diadaptasi menjadi film 7 Manusia Harimau. 

Tujuh Manusia Harimau menceritakan tentang seorang guru bernama Gumara (Samuel Zylgwyn) yang minta ke dinas untuk dipindahkan ke sebuah desa di Bengkulu. Saat di Kecamatan Kayu Lima, ia merasakan udara dan alam yang cocok dengan habitatnya. Menurut neneknya, itu adalah tempat lahir ayahnya yang bernama Peto Alam.

Ayah dan ibunya adalah keturunan ketiga manusia harimau, dan ia merupakan keturunan keempat. Ia menganggap itu hanyalah mitos belaka.

Para keturunan manusia harimau mulai mencurigai bahwa Gumara adalah manusia harimau ketujuh yang selama ini mereka tunggu untuk menyempurnakan kelompok mereka.

Gumara juga harus dihadapkan kepada dua gadis cantik, Karina (Syahnaz Sadiqah) dan Pita Loka (Ochi Rosdiana). Mereka keturunan manusia harimau, maka keduanya memiliki kesaktian dan pintar. Mereka berdua juga bersekolah di tempat Gumara mengajar. Gumara terlibat lebih dalam di lingkungan Kumayan.

Awalnya ia hanya ingin menjadi guru yang mengajar fisika dan matematika serta mengenal sejarah hidup silsilah keluarganya, tetapi ternyata kehadirannya di Desa Kumayan menimbulkan kemelut yang berkelanjutan.


Editor: Heru.my.id

Sumber: Net

17 Responses to "Motinggo Boesje Sang Penulis Novel Tujuh Manusia Harimau"

  1. ada novelnya ternyata, langsung ke tkp. thaks sudah bagi-bagi..

    ReplyDelete
  2. ilid 2 & 3 gak bs didownload. Jilid 9 & 10nya jg gak ada..kalau ada tolong diuplot lg dong.

    ReplyDelete
  3. Sorry gan, buku yang ke 2 sama 3 ngga ketemu di folder saya haha. saya coba cari, kalau nemu langsung upload gan :)

    ReplyDelete
  4. Buat mas anonim, pake identitas asli dong :D
    Byar saling mengenal xixixixi

    ReplyDelete
  5. Kpn upload jilid 2 sama jilid 3 nya gan..????

    ReplyDelete
  6. Sorry buat Jilid 2 (Gadis Sakti),Jilid 3 (Murid Durhaka), Jilid 9 (Pedang Ratu Klabang), Jilid 10 (Pendekar Aneh Muka Aneh) tidak bisa saya share, saya coba searching juga nihil. menurut info tetangga sebab kitab langka tersebut jaman jadul jadi jarang ada yang punya, kalaupun ada kondisinya sudah tidak utuh. :)

    ReplyDelete
  7. Di kutak katik di bolak balik ternyata jilid 2,3,8,9,dan 10 blum ter upload....tetap setia menunggu uploadnya....

    ReplyDelete
  8. Sejak semula sinetron 7 manusia harimau sudah tak q anggap cerita dari novelnya karena banyak sekali penambahan dan juga perubahan karakter.....lading ganda yng jadi rajo langit, pina yang anak lading ganda jadi adik rajo langit, kan sebenarnya adik rajo langit bernama keni...seperti di jilid 1 itu kan....aq bisa menikmati sinetronnya karena q anggap cerita baru jadi bisa memahami memahami perubahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lovety Tita crta pada akhirnya apa gumara sama pitaloka bersatu.....?

      Delete
  9. Setia menunggu mba Lovely Tita , haha jadi gimana ngga bisa share lagi. Yah habis file untuk jilid 2,3,9,10 entah dimana... :)

    ReplyDelete
  10. Saya sependpat dengan km Lovely Tita , mungkin karena untuk esetika atau entah biar indah didenger namanya jadi dirubah. Itulah sienas kita, yang penting laku sinetronnya.. -_- pura-pura tidur aja ah........ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga sabar pengen tau kelanjutannya mas Heru Setianto, meskipun bisa nebak klo akhirnya gumara akan bersama pitaloka tp tetep aja penasaran.....
      Klo gitu aq pura pura ga tau aja deh hixz

      Delete
  11. Belum ada juga jilid 2,3,9&10 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum, maaf ia. aku belum sempat nyari lagi mba. File download di blog ini aku hapus semua buat daftar GA, walaupun di tolak :D

      Delete
  12. Sebelumnya pernah dengar, kalau sinetron tersebut diangkat dari novel jadul... saya kira cuma satu novel saja ternyata ada berjilid-jilid ya, baru tahu... aaah jadi pengen mengkoleksinya, terima kasih informasinya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya susah, kalau nyari novel fisiknya. Kebanyakan file pdf. Ni dee yang deebacalah.blogspot.com bukan iah :)

      Delete

Your feedback is most welcome :)