Cara Menyembunyikan File Rahasia yang Aman di Android Tanpa Aplikasi

Views:
Setiap pengguna android pasti mempunyai privasi yang tak ingin orang lain bahkan orang terdekat mengetahui fila rahasia tersebut. Dimana hal ini menjadi sebuah hal yang wajar, dimana setiap invidu memiliki privasi yang harus dijaga. Namun seperti yang kita ketahui perangkat android selalu menampilkaan semua file yang ada di folder perangkat kita, sehingga kita harus mencari cara menyembunyikan file privasi tersebut agar tak mudah diakses orang lain.


Cara Menyembunykan File Rahasia yang Aman di Android Tanpa Aplikasi
Cara Menyembunyikan File Rahasia yang Aman di Android Tanpa Aplikasi/ Foto: Capture dan Editing Pribadi
Seperti yang kita ketahui aplikasi Galeri bawaan perangkat kita, selalu menampilkan semua file gambar dan video di galeri. Sementara hal yang sama juga terjadi pada aplikasi File Saya bawaan perangkat, dimana semua file yang berada di dalam penyimpanan perangkat ponsel pintar maupun kartu SD akan muncul di layar. Bahkan file tersebut akan mengkategori kedalam setiap folder, baik dalam kategori file teraru, Gambar, Video, Audio, Dokumen, Aplikasi yang diunduh dan Riwayat unduhan tertentu.
 

Aplikasi pemutar media player pihak ketiga juga melakukan hal yang sama, yakni menampilkan semua file musik baik yang berupa rekaman suara, lagu berkestensi mp3, serta nada dering akan muncul  dilayar peragkat android kita. Dan seperti yang telah kita bisa tebak, aplikasi media pemutar video pihak ketiga juga demikia. Aplikasi tersebut akan mengindeks semua file video yang mendukung untuk diputar akan dirampilkan di perangkat kita.

Maka untuk menjaga privasi dan mecegah file rahasia kita diakses oleh orang lain, maka penulis memberikan solusinya. Yaitu dengan cara menyembunyikan file tersebut dari berbagai aplikasi media diperangkat android kita.
 

Sebenarnya banyak aplikasi pihak ketiga di PlayStore yang menyediakan pilihan hidden/ sembunyikan file hingga folder di perangkat kita, namun kali ini penulis hanya akan mengshare bagaimana cara mencegah file tertentu tampil di media playe di perangkat Android dengan menyembunyikan file tersebut.
 

Berikut ini Cara yang Aman  dan Sederhana Menyembunykan File Rahasia di Android Tanpa Aplikasi, silahkan simak tipsa dan trik berikut ini:
 

1. Tahap pertama yaitu dengan mengumpulkan semua jenis file sejenis dalam satu folder baru yang kita buat. Tahap ini bertujuan untuk mencegah agar semua file tak dapat teriindeks oleh fungsi pencarian internal system perngkat kita. Mungkin untuk mempermudah pengkelompokan file, setiap folder hanya berisi file terentu saja.
 

2. Tahap kedua dan juga sebagai tahap yang terakhir, yaitu kita membuat file baru di dalam folder dan beri nama .nomedia dan klik simpan. Dengan cara ini sekarang seluruh konten dari folder tertentu di mana file yang telah dibuat tak akan dapat diindeks oleh system manapun diperngkat kita.
 

Sebenarnya tips simple diatas bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana cara dilakukan cukup sederhana bukan. Dengan begitu kita bisa tetap menjaga privasi kita, meskipun tema dekat kita memakai perangkat kita. Namun perlu diketahui bahwa cara tersebut harus digunakan dengan bijak, dan tidak untuk melakukan ke jahilan ataupun mengerjai orang lain. Pasalnya jika hal tersebut dilakukan, maka sudah bisa kita tebak bersama akan meras kebingunan kalau file nya telah menghilang. 

 

Editor: Heru Setianto
Source: Net

0 Response to "Cara Menyembunyikan File Rahasia yang Aman di Android Tanpa Aplikasi"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)