Cara Membaca Pesan di WhatsApp yang Sudah Dihapus Delete for Everyone

Views:

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling terpopuler di dunia, dimana baru-baru ini telah menambahkan fitur " Delete for Everyone/ Hapus untuk Semua Orang". Dimana fitur tersebut hampir sama seperti fitur tarik pesan pada aplikasi pesan singkat bbm (blackberry messenger), dan saat ini fitur tersebut sudah diaplikasikan di aplikasi WhatsApp.

Cara Membaca Pesan di WhatsApp yang Sudah Dihapus Delete for Everyone
Cara Membaca Pesan di WhatsApp yang Sudah Dihapus Delete for Everyone     / Foto: Capture dan Editing Pribadi

Seperti yang diketahui, fitur hapus untuk semua orang adalah salah satu fitur yang memudahkan para pengguna yang mengalami kesalahan saat berkirim pesan. Sehingga ketika terjadi kesalah penulisan dapat dihapus pesan tersebut. Jadi kesalah pahaman dalam berkomunkasi bisa dapat dihindari.

Namun apakah memang pesan yang terhapus tersebut sudah hilang dari ponsel kita? Sebuah laporan terbaru dari beberapa analis teknologi menyatakan bahwa pesan WhatsApp yang dihapus tersebut sebenarnya masih tersimpan di perangkat kita. Dan mereka mengklaim bahwa pesan yang telah terhapus tersebut masih dengan mudah diakses oleh penerima pesan.

Menurut seorang blogger dari Spanyol yakni Jefe, mengungkapkan bahwa pesan yang dihapus masih ada di log pemberitahuan perangkat kita. Dia mengklaim bahwa WhatsApp menyimpan log obrolan tersebut di perangkat untuk diarsipkan. Dimana pesan tersebut masih tersimpan dalam daftar notifikasi sistem Android, jadi dengan siapa saja bisa melihat pesan WhatsApp yang terhapus tersebut.

Jefe juga menjelaskan bahwa untuk mengakses pesan-pesan WhatsApp yang dihapus yang sudah dikirim kepada kita, harus menggunak bantuan dari aplikasi pihak ketiga di Google Play yang bernama Notification History. Setelah aplikasi  terdownload dan terinstal ddi perangkat, kita hanya harus mencari sebuah pesan di log pemberitahuan perangkat Android.

Bagi pengguna peluncur pihak ketiga seperti Nova Laucher lebih dimudahkan dalam mencari log pesan tersebut.

Untuk mengakses log pemberitahuan, kita dapat melalui tahap: Tekan lama layar utama, lalu ketuk Widget- Aktivitas-Pengaturan-Notifikasi log.

Berikut ini beberapa syarat dan keterbatasan agar dapat Membaca Pesan di WhatsApp yang Sudah Dihapus, diantaranya yaitu:

1. Hanya pesan yang menghasilkan notifikasi pada perangkat, dan telah dilihat atau berinteraksi dengannya yang dapat diambil.

2. Log pemberitahuan masih menyimpan pesan, selama perangkat belum melakukan restart. Namun jika perangkat melakukan restart,maka secara otomatis log tersebut turut terhapus.

3. Maksimal hanya mendukung 100 karakter pertama dari pesan yang dihapus tersebut yang  masih bisa kita lihat.

4. Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Android 7.0 ke atas.

5. Pesan yang bisa terbaca hanya untuk pesan dalam bentuk teks, jadi file media lain tidak mendukung.


Editor: Heru Setianto
Source: Net

0 Response to "Cara Membaca Pesan di WhatsApp yang Sudah Dihapus Delete for Everyone "

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)