Nih Uniknya Foto-Foto Unjuk Rasa Bersih 4.0 di Kuala Lumpur 2015, Tuntut PM Malaysia Najib Razak Mundur

Views:
'Bersih' merupakan sebuah pergerakan rakyat Malaysia yang mewakili Koalisi Pemilu Adil dan Bersih dari 84 organisasi non-pemerintah, dimana saat ini perhimpunan tersebut dipimpin oleh Maria Chin Abdullah dari organisasi Women's Development Collective (WDC).

 Sementara Bersih 4.0 dibuat di seluruh Malaysia, yang terdiri dari ribuan massa dari berbagai lapisan masyarakat yang digelar paada 29-30 Agustus 2015 lalu, di kota Kuala Lumpur, Malaysia.

Seperti yang diketahui Bersih 4.0 merupakan pertemuan ke-4 yang diselenggarakan oleh Bersih 2.0 selama periode delapan tahun. Pada awalnya, gerakan 'Bersih' hanya diikuti oleh para politisi dan anggota partai oposisi pemerintah, namun sejak tahun 2010 masyarakat sipil turut serta pada perhimpunan tersebut.

Berikut ini Ringakasan tentang Pergerakan Rakyat "Bersih" di Malaysia:
1. Majelis pertama pada 10 November 2007, isu yang dibahas terkait banyaknya tuduhan korupsi dan pemilu tak transparan yang melibatkan koalisi Barisan Nasional.
2. Majelis kedua dikenal dengan  "Walk for Democracy" pada 9 Juli 2011 terkait adanya kecurigaan kecurangan dalam pemilu di Sarawak,
3. Majelis ketiga adalah perhimpunan "Sit In" pada 28 April 2012, dimana Komite Pilihan Rakyat Malaysia merilis laporan soal adanya reformasi dalam pemilu.
4. Majelis keempat yaitu 'Bersih 4.0' pada 29-30 Agustus 2015, pada aksi kali ini masa menuntut PM Najib Razak mundur dan reformasi menyeluruh terhadap proses pemilihan umum di Malaysia.

Pada unjuk rasa 'Bersih 4.0' tersebut, PM Najib Razak menjadi alasan ribuan masa ikut serta pada demonstran kali ini. Pasalnya PM Malaysia saat ini masih dikaitkan dengan isu skandal korupsi sebesar 700 juta USD dari kas 1Malaysia Development Berhad (1MDB).
 
Meski pihak ke
polisian (PDRM) dan pemimpin berpengaruh Malaysia melarang keras unjuk rasa tersebut, namun kenyataanya malah dihadiri oleh ribuan orang pada gerakan Bersih 4.0.  Dan yang paling menarik perhatian media adalah kehadiran mantan PM Malaysia Tun Dr Mahathir dan istrinya di ujuk rasa itu.

Sementara menurut blogger Malaysia sendiri, pihak SKMM telah memperingatkan akan memblokir setiap situs web ataupun blog yang ikut memberitakan demonstarsi Bersih 4.0 di ibu kota Kuala Lumpur tersebut.

Dari aksi turun kejalan tersebut para demonstran Indonesia bisa mencontoh dari Malaysia. Mulai dari jalannya demonstrasi yang damai dan tertib, poster damai dan berkostum lucu, serta kebersihan dari sampah terjaga selama unjuk rasa tampak terlihat.


Editor: Heru Setianto
Source: Net

0 Response to "Nih Uniknya Foto-Foto Unjuk Rasa Bersih 4.0 di Kuala Lumpur 2015, Tuntut PM Malaysia Najib Razak Mundur"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)