Tahukan Kamu 5 Fakta Unik Tentang Eiji Tsuburaya Pencipta Godzilla dan Ultraman

Views:
Eiji Tsuburaya adalah salah satu pencipta Godzilla dan Ultraman yang menjadi ikon Google doodle pada hari ini 7 Juli 2015. Pria yang berkebangsaan Jepang ini adalah seorang pembuat film dan tokoh fiksi ilmiah, sekaligus sosok yang mengerinspirasi pembuatan sake dan propaganda Perang Dunia II untuk negaranya.



Tsuburaya merupakan salah satu sosok yang cukup visioner dalam dunia perfilman dan paling berpengaruh sepanjang masa. Berikut ini 5 Fakta Menarik mengenai sosok ikonik Eiji Tsuburaya, pembuat tokoh dan karakter fiksi Godzilla yang mendunia:

1. Tokoh dibalik Propaganda Penyerbuan
Pearl Harbor oleh Amerika

Selama Perang Dunia II dan Perang Sino-Jepang Kedua , Tsuburaya menciptakan beberapa film perang yang kuat yang dianggap sebagai propaganda oleh pemerintah kekaisaran. Di antara mereka adalah The Imperial Way Jepang, Naval Bomber Squadron dan Perang di Laut dari Hawaii ke Malaya. Eiji Tsuburaya: Master of Monsters: Membela bumi dengan Ultraman dan Godzilla, rekaman fiksi tentang serangan terhadap Pearl Harbor itu begitu kuat, hingga digunakan oleh negara Amerika. 


2. Produksi Bir Sake, Terinspirasi dari Film-filmnya

Tempat pembuatan bir sake di Desa Tsuburaya, Nihonmatsu, di Fukushima, kabarnya terinspirasi film karya Eiji Tsuburaya. Menurut The Japan News bahwa
Sake itu hanya terbuat dari beras sangat halus, demi menjaga kualitas Sake tersebut. Sementara untuk promosi produk ini, untuk setiap pembuatan sebotol bir dikaitkan dengan ceritakan alien dan rakasa.

Sementara sebagian dari hasil penjualan itu disumbangkan untuk Ultraman Foundation, sebuah badan amal yang didirikan pada 2011 untuk anak-anak korban gempa di Jepang timur.

3. Eiji Tsuburaya Sempat Pindah Agama Ke Katolik Karena Istrinya

Sejal lahir Tsuburaya memeluk Agama Nichiren Buddhisme, seperti yang dipeluk keluarganya. Namun saat ia bertemu istrinya, Masano Araki sekitar tahun 1929 di Kyoto. Baru pada bulan Februari 1930, mereka resmi menikah hingga dikaruniai tiga putra. Setelah itu ia tak beberapa lama dikabarkan pindah agama, menjadi penganut Katolik Roma.
 

4. Pada Tahun 1954 Barulah Film Godzilla Diciptakannya
 
Setelah
Perang Dunia II, sebagaian masyarakat Jepang berubah. Dimana Tsuburaya menemukan bahwa hubungannya dengan upaya perang kekaisaran telah masuk daftar hitamnya di dunia film. Tapi sekitar tahun 1950, ia bekerja sebagai kepala efek khusus Toho Studio departemen.

Melalui timnya yang berjumlah 60 orang lebih dan dibantuan sutradara Ishiro Honda dan produser Tomouki Tanaka, terciptalah Godzilla tepat pada tahun 1954. Bahkan sepanjang karirnya, ia telah membuat film sebanyak 250 buah, sementara karyanya yang paling terkenal adalah seri 1960 TV, Ultraman.
 
5. Cita-cita Sepanjang Karirnya adalah meniru 'King Kong'


Berikut dari keberhasilan Godzilla, Tsuburaya mengatakan kepada media "Ketika saya bekerja untuk Nikkatsu Studios, King Kong datang ke Kyoto dan saya tidak pernah lupa film itu. Saya berpikir, 'Aku suatu hari nanti akan membuat film rakasa seperti itu. "Di tahun 1960, ia akan bekerja pada film King Kong vs Godzilla dan King Kong Escapes


Editor: Heru Setianto
Source: Net

0 Response to "Tahukan Kamu 5 Fakta Unik Tentang Eiji Tsuburaya Pencipta Godzilla dan Ultraman"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)