Yess.. Awal Puasa Ramadan Muhammadiyah dan NU Bareng 18 Juni 2015

Views:
Awal Ramadan sebagai hari dimulainya puasa wajib umat muslim untuk tahun ini, kemungkinan besar sama yaitu pada hari kamis, tanggal18 Juni 2015. Pasalnya Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) selaku dua organisasi Islam paling besar di Indonesia masih mengacu pada kalender hijriyah (kalender Islam).

Yess.. Awal Puasa Ramadan Muhammadiyah dan NU Bareng 18 Juni 2015
Yess.. Awal Puasa Ramadan Muhammadiyah dan NU Bareng 18 Juni 2015/ Foto Ilustrasi: mimbarhadits.wordpress.com
Diketahui bahwa beberapa waktu yang lalu pihak Pengurus Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa 1 Ramadan 1436 Hijriyah jatuh pada hari Kamis, 18 Juni 2015. Sedangkan 1 Syawal 1436 H (Hari Raya Idul Fitri) akan jatuh pada hari Jumat, 17 Juli 2015.

Sementara
HM Sholeh Hayat, selaku Koordinator Rukyatul Hilal Pengurus Wilayah NU Jawa Timur, mengatakan hal yang serupa dengan Muhammadiyah. Dimana beliau memperkirakan awal Ramadan untuk tahun ini, yaitu 18 juni sebagai awal bulan Ramadan dan 17 Juli 2015 sebagai awal bulan Syawal.
 
"Potensi itu berdasarkan kesamaan pada tiga metode yakni metode dalam Kitab Sulamun Nariyyin, Kitab Fathur Rouf fil Manan dan metode Lajnah Falaqiyah PBNU," terang

HM Sholeh Hayat, seperti yang penulis kutip dari kabar24 pada (15/6/15).
 
Sementara pihak pemerintah sendiri berecana menggelar sidang isbat untuk menentukan awal masuk bulan Ramadan, yang akan digelar pada 16 Juni 2015 di Gedung Kementerian Agama, Jakarta. Dimana dalam pertemuan itu akan diundang pula para ulama, kiai, tokoh ormas Islam, pakar astronomi dan pihak terkait.

“Dalam sidang isbat itu, akan ditentukan apakah hilal (rukyatul hilal) bisa dilihat atau tidak. Jika terlihat, Ramadan akan jatuh pada 17 Juni. Jika hilal tidak terlihat, bulan Sya’ban akan dilakukan istikmal (genapkan) menjadi 30 hari dan Ramadan jatuh pada 18 Juni,” kata Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama

Baca juga: 4 Penyebab Yang Sering Membuat Diet Selalu Gagal
   Menurut Penelitian: Cara Sederhana Ini Dapat Turunkan Berat Badan
   Kata Ilmuan: Waktu Makan Yang Paling Tepat Agar Berat Badan Turun 


Editor: Heru Setianto
Source: Kabar24

0 Response to "Yess.. Awal Puasa Ramadan Muhammadiyah dan NU Bareng 18 Juni 2015"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar iah. Biar admin lebih semangat posting artikelnya :)

Visitor