Wow, Patung Vagina Ratu Perancis Karya Anish Kapoor dipamerkan di Taman Istana Versailles

Views:
Sebuah patung raksasa vagina yang dipamerkan di istana Versailles Perancis, buah karya pematung asal Inggris yaitu Anish Kapoor mendapat kritikan dan kecaman dari banyak pihak. Karya yang dianggap jorok itu malah dipajang secara bebas di taman pekarangan istana Versailles, Prancis.



Anish Kapoor sendiri mengungkapkan kepada media bahwa patung buatannya itu menggambarkan "vagina ratu yang menuju ke kekuasaan", tapi pernyataan tersebut ditambah lagi sebagai sebuah karya yang terbuka untuk interpretasi. Patung itu terbuat dari logam berukuran cukup besar dan menjadi bagian dari instalasi Kapoor yang dipamerkan di Versailles.
 
Sebelumnya Istana Versailles adalah sebuah tempat kediaman Marie Antoinette, seorang Ratu Prancis dan juga seorang permaisuri dari Raja Louis XVI di abad ke-18.


Salah satu wisatawan asal AS yang kontra terhadap patung menyerupai kelamin wanita ini lantas melontarkan kalimat: "Ketika Anda berpikir Anda datang ke Versailles, yang Anda harapkan adalah sebangsa karya klasik Perancis, mungkin patung besar para dewa Romawi. Tapi ini tampak jorok, kotor." ucapnya.


Anish Kapoor pernah memenangkan Hadiah Turner, sebuah penghargaan seni rupa bergengsi di negara Inggris. Sementara hasil karyanya yang paling terkenal adalah Orbital Tower yang berdada di tengah Taman Olimpiade, London.

Meskipun patung vagina tersebut banyak mengundang banyak kritikan, tapi tak sedikit juga yang memberikan pujian atas karyanya itu yang sedang dipamerkan di Prancis. Namun sebelumnya juga diberitakan bahwa beberapa karya buatan Anish Kappor terkait vagina, sempat mendapat tuntutan hukum.


Editor: Heru Setianto

Source: Net

0 Response to "Wow, Patung Vagina Ratu Perancis Karya Anish Kapoor dipamerkan di Taman Istana Versailles"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)