KPI: Sinetron 7 Manusia Harimau, Pintu Tobat, dan Mak Ijah Pengen ke Mekah Tak Berkualitas

Views:
Sinetron Mak Ijah Pengen ke Mekah (SCTV), 7 Manusia Harimau (RCTI), dan Sinema Pintu Tobat (Indonesiar) merupakan tiga sinetron yang dinilai oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) sebagai program yang tak berkualitas. Pengumuman tersebut berdasarkan penilaian hasil survei indeks kualitas program acara televisi yang dilakukan pihak KPI sendiri.

KPI: Sinetron 7 Manusia Harimau, Sinema Pintu Tobat, dan Mak Ijah Pengen ke Mekah Tak Berkualitas
KPI: Sinetron 7 Manusia Harimau, Sinema Pintu Tobat, dan Mak Ijah Pengen ke Mekah Tak Berkualitas/ Foto: Net

Menurut Judhariksawan, selaku Ketua KPI Pusat mengungkapakan bahwa, kategori sinetron yang dipilih berdasarkan pertimbangan banyaknya aduan dari masyarakat yang masuk. KPI sendiri mengumumkan sinetron 7 Manusia Harimau dan Mak Ijah Pengen ke Mekah adalah yang terbanyak mendapat pengaduan, dimana masing-masing menerima 121 dan 73 pengaduan.

"Berbagai aspek tersebut dititikberatkan dalam survei ini adalah mengenai relavansi cerita, pembentukan watak dan jatidiri bangsa, penghormatan keberagaman, norma sosial, non kekerasan, dan seksual," kata Judha,
di Kantor KPI Pusat Jl. Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (22/6/15) siang, seperti yang penulis lansir dari Tribunnews.
 
Setelah dilakukan serangkain penelitian dan penilaian oleh KPI di berberbagai indeks, seperti pembentukan watak, identitas dan jatidiri bangsa indonesia yang bertakwa dan beriman, menghormati keberagaman, menghormati nilai dan norma sosial tidak bermuatan kekerasan,  tidak bermuatan seksual, tidak bermuatan mistik, horor, dan supranatural.
 

Maka didapat penilaian total indeks secara keseluruhan, yakni Mak Ijah Pengen ke Mekah 2,97, 7 Manusia Harimau 2,20, dan Sinema Pintu Tobat 2,90. Jadi disimpulkan bahwa ketiga program sinetron tersebut jauh di bawah standar yang ditetapkan KPI.
 

Bahkan sinetron 7 Mansuia Harimau dinilai paling rendah, selain tak membentuk jatidiri dan watak bangsa yang beriman. Sinetron ini juga memuat unsur mistik, horor, dan kekerasan, ungkap KPI saat melakukan pengumuman di depan awak media hari ini.

Baca juga: Penghasilan Pengemis di Dubai Capai Rp47 Juta dan Tinggal di Hotel
    Biodata Rio Haryanto, Bermimpi Jadi Pembalap Indonesia Pertama di F1
    Uchiha Obito, Menjadi Episode Paling Favorit di Serial Manga Naruto


Editor: Heru Setianto

Source: tribunnews

0 Response to "KPI: Sinetron 7 Manusia Harimau, Pintu Tobat, dan Mak Ijah Pengen ke Mekah Tak Berkualitas"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar iah. Biar admin lebih semangat posting artikelnya :)

Visitor