Afrika Selatan Konfirmasi Telah Membayar 10 Juta USD Pada Piala Dunia 2010

Views:
Setelah beredar rumor skandal suap di tubuh FIFA mengenai dimenangkannya Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia waktu itu. Beberapa saat yang lalu, Fikile Mbalula, selaku Menteri Olahraga Afrika Selatan akhirnya mengonfirmasi berita kebenaran bahwa pemerintah memang mengeluarkan dana sebesar 10 juta USD.



Mbalula beralasan pihaknya rela membayar hingga sebesar itu sebagai donasi saja, hanya bertujuan untuk membangun pusat sepak bola bagi keturunan Afrika di Karibia. Dan menolak tindakan itu sebagai suap seperti yang dituduhkan otoritas hukum Amerika Serikat.

"Kami tegas menolak negara dan pemerintah kami menyuap siapa pun untuk menerima hak menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010. Itu adalah program yang diterima dan kami tidak dapat mengerti mengapa sekarang diinterpretasikan sebagai suap," ucap Mbalula saat jumpa pers.

Sementara pihak dari FIFA juga telah mengkonfirmasi hal yang sama, dimana dana tersebut sudah diteruskan kepada Serikat Sepak Bola Karibia, yang diketuai oleh Jack Warner (mantan Wakil Presiden FIFA).

"Kami memberi uang itu tanpa syarat. Jack Warner adalah pemimpin dari CONCACAF dan Serikat Sepak Bola Karibia, dan seorang yang baik," ujar
Alec Moemi, sebagai Direktur Jenderal Menteri Olahraga Afrika Selatan.

Sebelumnya diberitakan bahwa sebenarnya yang berhak menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2010 adalah negara Maroko, bukan Afrika Selatan. Dimana media merumokan untuk memenangkan negara tersebuta saat dilakukan pemilihan tuan rumah, pihak Afrika Selatan dituduh menyuap para elit pejabat FIFA.


Editor: Heru Setianto
Source: Net

0 Response to "Afrika Selatan Konfirmasi Telah Membayar 10 Juta USD Pada Piala Dunia 2010"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)