6 Tips Ini Bisa Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa Loh..

Views:
Bau mulut ketika sedang menjalankan ibadah pusa memang kerap dialami kebanyakan orang. Kata para ahli itu adalah hal yang normal, sebab saat seseorang berpuasa maka lambung dalam keadaan kosong cukup lama. Maka asam dan basa dalam lambung tak seimbang, sehingga nafas ikut berbau.


Sebenarnya selain akibat lambung yang kososng, bau mulut juga disebabkan akibat berkurangnya produksi air liur loh. Hal itu menurut para ahli akibat berkurangnya rangsangan makanan yang masuk kedalam tubuh kita melalui mulut.

Maka daripada itu penulis akan share enam cara yang perlu dihindari akan terhindar bau mulut saat menjalankan ibadah puasa, yaitu seagai berikut ini:

1. Rajinlah Gosok Gigi di Tepat Waktu
Dianjurkan untuk selalu sikat gigi dua kali dalam sehari, yaitu saat habis makan sahur dan malam hari sebelum tidur. Maka bisa dipastikan tak ada sisa makanan dalam mulut, dengan begitu setidaknya mulut masih terhindar dari bau mulut akibat sisa makan.

2. Hindari Tidur setelah Makan sahur

Tidur setelah makan sahur tanpa membersihkan gigi bereskio lebih besar penyebab bau mulut loh, apalagi sebagain besar bau mulut berasal dari mulut itu sendiri. Meskipun tertidur setelah makan sahur maka dipagi hari boleh menyikat gigi, asal jangan sampai ketelan iyah airnya nanti batal.

3. Hindari Makanan Beraroma Tajam

Makanan dan minuman yang beraroma tajam juag bisa menyebabkan bau mulut, terbayang kan bagaimana kalau saat sahur malah makan petai, jengkol, atau makanan lainnya. Malahkan para ahli gizi menyarankan agar saat sahur menu makan kita haru banyak serat, agar selam puasa tubuh tak mudah lemas.

4. Banyak Minum saat Sahur
Setidaknya minumlah sebnayak empat gelas air putih saat sahur dan empat gelas air saat buka puasa. Sebaba dengan diperbanyak minum maka bisa menekan pertumbuhan bakteri dalam mulut.


5. Bersihkan Lidah saat Sikat gigi
Hal yang paling dilakukan sebagian besar orang adalah hanya menyikat gigi saja, namu sebenarnya lidah juga perlu disikat loh. Sebab penyebab bau mulut adalah sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi dan lidah. Setelah tau jangan sampai lupa iah untuk selalu menyikat lidah saa ggosok gigi.


6. Periksakan Gigi ke dokter
Dan tips yang terakhir adalah segera periksakan ke dokter gigi, kalau ada masalah dalam kondisi gigi, seperti
karang gigi, karies gigi (gigi berlubang) atau gangguan lainnya. Atau mungkin hanya mengecek kesehata gigi saja, juga dianjurakan oleh para ahli.


Editor: Heru Setianto
Source: Net

0 Response to "6 Tips Ini Bisa Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa Loh.."

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)