Wow, Belasan Petinggi FIFA Ditangkap Akibat Korupsi Rp1,9 Triliun

Views:
FIFA memang dikenal sebagai organisasi yang paling ditakuti, bahkan para anggotanya di seluruh dunia pu tak pernah berani menyentuh federasi sepak bola terbesar di dunia. Baru-baru ini dunia dikagetkan denga penangkapan para petinggi FIFA, termasuk Jeffrey Webb selaku wakil presiden FIFA terkait korupsi sebesar Rp 1,9 Triliun.

Jeffrey Webb sendiri merupakan anggota Komite Eksekutif FIFA, sekaligus dikenal sebagai Presiden Asosiasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (CONCACAF). Sementara Presiden FIFA, Sepp Blatter masih belum terseret kausus ini, meskipun publik menilai ia mengetahui kronologi kasus tersebut.

Pihak kepolisian Swiss tidak hanya menangkap Webb, tapi t
ujuh petinggi FIFA lainnya. Seperi yang media internasional beritakan, mereka direncanakan akan diekstradisi ke Amerika Serikat (USA) atas kasus korupsi.

Berikut ketujuh petinggi FIFA yang telah ditangkap terkait dugaan kasus tersebut:
1. Jack Warner (anggota Komite Eksekutif)
2. Eugenio Figueredo (Wakil Presiden dan Komite Eksekutif)
3. Eduardo Li/ Julio Rocha (Development Officer FIFA dan  anggota Komite Eksekutif)
4. Costas Takkas (atase Presiden CONCACAF)
5. Rafael Esquivel (anggota Komite Eksekutif Conmebol)
6. Jose Maria Marin (anggota Komite Organisasi FIFA)
7. Nicolas Leoz (mantan anggota Komite Eksekutif FIFA).

Sementara James Comey, selaku Direktur Biro Investigasi Federal (FBI), mengatakan mereka yang ditangkap akan diadili atas tuduhan tindak korupsi senilai 150 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp1,98 triliun.

Setidaknya ada 14 orang akan dilakukan penyelidikan, dimana sembilan berasal dari FIFA dan lima sisanya adalah sebagai eksekutif media olahraga dan promosi.

”Seperti yang tercantum dalam dakwaan, mereka menyuburkan budaya korupsi dan ketamakan, bahkan menciptakan lapangan bermain yang tidak rata untuk olahraga yang paling populer di dunia,” kata James.

Kepolisian Swiss juga menggelar penyelidikan terkait dugaan korupsi di tubuh FIFA, namun menurut awak media penyelidikan itu dilakuka terpisah dengan pihak berwajib dari Amerika Serikat.



Editor: Heru Setianto
Source: Net

0 Response to "Wow, Belasan Petinggi FIFA Ditangkap Akibat Korupsi Rp1,9 Triliun"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)