Tips Aman Ketika Sedang Online, Netizen Wajib Tahu!

Views:
Bagi para netizen berselancar di internet merupakan makan wajib untuk memenuhi gaya hidup, hiburan, pekerjaan sampai sekedar meng-update informasi. Tapi tak selamnya berselancar di dunia maya aman loh, salah satu paling ditakuti oleh pengguna internet adalah adanya ancaman para cracker (hacker yang jahat). Sebab mereka biasanya suka meretas email, akun media sosial, maupun pembobolan karti kredit untuk kepentingan pribadi. Untuk itu beberapa tips aman berinternet berikut ini bisa kita terapkan saat kita sedang online.


Sebelumnya sudah kita tahu bersama webiste raksasa sekelas Sony pun pernah di rentas oleh sekelompok cracker, dimana dalam hitungan jam saja mereka berhasil mengambil seluruh data perusahan tersebut. Mungkin akan timbul pertanyaan, kalau sekelas perusahaan besar Amerika Serikat saja berhasil direntas apalagi kita orang awam. Berikut ini beberpa tips saat online agar aman dari kejahatan internet, seperti:

1. Menjaga Password Agar Rahasia

Cara yang paling klasik dan ampuh menjaga pasword adalah dengan memakai dan mengkombinasikan password yang sulit ditebak orang lain. Nama, tanggal lahir, alamat rumah, hobi, merupaka password paling buruk menurut hasil survei. Jadi jika anda masih menggunakan password itu, gantilah.
 

Seorang pakar keaman Bruce Scheier  menyarankan memilih password dengan cara menggabung kalimat kenangan dengan penyampaian yang berbeda. Misalkan sebuah kalimat: When I was eleven my sister made me fight the neighborhood bully. ’’Password anda bisa menjadi Wiw11msmmFtnbully’’ jelasnya.

2. Menjaga Keamanan Email

Sudah kita ketahu bersama email punya peran sangat penting, sebab melalui email-lah kita baru bisa mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya. Nah jika email anda sendiri sudah berpindah tangan, lalu bagaimana nasib semua akun media sosial dan aplikasi anda? Bahaya bukan.

Salah satu pencegahan yaitu dengan tidak sembarangan membuka attachment (lampiran) dalam sebuah email dan asal menginstal aplikasi yang tidak dikenal. Sebab mungkin saja itu ulah perentas yang mengirimannya, dimana  dengan melampirkan malware dan virus. Jadi pastikan dulu siapa pengirimnya sebelum membuka attachment tersebut.
 

3. Waspada Saat Belanja Online
Pengguna internet yang suka belanja online, adalah yang paling rentan menjadi sasarna kejahatan internet. Pasalnya para carcker bisa mecuri data calon pembeli dan bisa mengambil alih kartu kredit mereka. Jadi sebelum nelakukan pembelian online, cara yang paling aman dengan melihat dari alamat website yang menggunakan: https.
 

Adanya tambahan huruf ’’s’’ berarti menggunakan protocol atau jalur yang aman ketika pembeli akan mengakses sebuah website. Website seperti perbankan, toko online wajib memiliki alamat https untuk melindungi kliennya. Maka jika mereka tidak beralamat https, lebih baik janagn memasukkan data kartu kredit untuk untuk berbelanja.
 

4. Pengaman Akun Tambahan
Selain pengaman akun yang sudah diproteksi dengan password, alangkah baiknya jika anda menambah dengan otorisasi ganda seperti menggunakan sidik jari atau pola unik lainnya. Pengamanan untu email juga perlu, seperti kode angka muaupun kode tertentu yang akan langsung tampil dan harus dimasukkan sebelum masuk ke akun email.
 

5. Menjaga Kemanan Ponsel
Pangamanan yang paling sederhana yaitu dengan memasang password. Ini untuk mengantisipasi jika ponsel akan diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan begitu ketika mereka mencoba mengakses ponsel makan akan tampil permintaaan memasukkan password.


Editor: Heru Setiano
Source: Net

0 Response to "Tips Aman Ketika Sedang Online, Netizen Wajib Tahu!"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)