Pengumuman Hasil UN Tahun 2015 Untuk SMA/SMK, SMP/SLTP/MTS

Views:
Pengumuman kelulusan hasil UN Tahun 2015 untuk tingkat SMA/SMK sederajat akan diumumkan, dimana pemerintah sendiri merencanakan akan mengumumkan pada hari ini yaitu pada 15 Mei dan paling lambat 18 Mei.

Pengumuman HasilN Tahun 2015 Untuk SMA/SMK, SMP/SLTP/MTS
Tanggal penting tentang proses UN SMA/SMK, SMP/SLTP/MTS tahun 2015 / kemdikbud.go.id
 Hasil pengumuman Ujian nasional tahun 2015 berbeda dengan tahun 2014, dimana hasil UN tahun ini tidak menjadi penentu kelulusan namun tapi dijadikan sebagai dasar seleksi ke jenjang pendidikan perguruan tinggi.

Sementara hasil UN tahun 2015 untuk tingkat SMP/SLTP/MTS atau sederajat, pemerintah menjadwalkan pengumuman itu akan diumumkan pada bulan juni besok.
 

Pengumumkan hasil UN SMA sendiri berbeda setiap sekolahnya, berdasarkan informasi beberapa sekolah menggunakan sistem online dengan melihat hasilnya website resmi masing-masing sekolah. Namun cara konvensional juga masih digunakan oleh beberapa sekolah SMA sederajat, dimana mereka menggunakan layanan kantor pos sebagai media pengumumannya. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang kelulusan hasil ujian nasional, bisa melihat langsung pada website resmi  kemendikbud (kementerian pendidikan dan kebudayaan) di alamat www.kemdikbud.go.id atau bisa juga melalui alamat url http://118.98.234.22/sekretariat/hasilun/index.php/hasilun.


Meskipun ujian nasional (UN) tidak lagi berfungsi sebagai penentu kelulusan, namun fungsi UN tetap penting karena digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi dan salah satu dasar seleksi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, hasil UN secara nasional juga menjadi salah satu alat pemetaan pendidikan

Sementara kelulusan ditentukan oleh dewan guru di sekolah masing-masing berdasarkan penilaian menyeluruh dari kelas satu sampai kelas tiga, sekolah menentukan kelulusan berdasarkan nilai akhir yang terdiri atas nilai rapor dan ujian akhir sekolah (UAS).



Dan bagi Siswa/Siswi belum memenuhi standar kompetensi, masih ada kesempatan perbaikan akan diberikan agar mencapai standar kompetensi yang dikategorikan cukup adalah lebih dari 55, untuk siswa/siswi yang nilainya 55 atau kurang, bisa mengikuti ujian perbaikan hanya untuk mata pelajaran yang belum mencapai standar kompetensi tersebut.
 

Ujian Nasional perbaikan sendiri akan mulai dilaksanakan tahun 2016, dimana para siswa/siswi bisa mengikuti UN perbaikan di tahun yang sama karena UN akan dilaksanakan pada awal semester kedua di tahun terakhir.



Editor: Heru Setianto
Source: kemdikbud.go.id

0 Response to "Pengumuman Hasil UN Tahun 2015 Untuk SMA/SMK, SMP/SLTP/MTS"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar iah. Biar admin lebih semangat posting artikelnya :)

Visitor