Kejam! Tertidur di Depan Kim Jong-un, Mepan Korut di Tembak Mati

Views:
Menteri Pertahanan Korea Utara, Hyon Yong Chol (66) dituduh melakukan pengkhianatan setelah menunjukkan "rasa tidak hormat" kepada Kim Jong Un dalam sebuah acara militer.
Dia dikabarkan dihukum mati karena tertidur saat berlangsungnya acara resmi tersebut, dimana yang dihadiri oleh presiden mereka yaitu Kim Jong Un.



Berita ini berawal dari laporan Dinas Intelijen Korea Selatan (NIS) kepada para politisi dalam sebuah rapat di parlemen. NIS juga mengungkapkan, bahwa eksekusi terhadap Hyon Yong Chol disaksikan ratusan pejabat tinggi militer pada akhir April lalu di sebuah lapangan pelatihan militer Kanggon, sebelah utara Pyongyang.

Komite HAM untuk Korea Utara (HRNK) yang berbasis di AS menyakini eksekusi terhadap Yong Chol menggunakan enam unit senjata anti-serangan udara ZPU-4. Senjata itu sendiri sangat kuat, sebab memiliki jangkauan samapi 8.000 meter. Tapi karena untuk keperluan eksekusi, maka senjata
anti-serangan udara ZPU-4 ditembakkan dari jarak 30 meter.

Hyon Yong Chol, menduduki jabatannya sebagai meteri pertahanan belum genap setahun, diyakini pernah mengabaikan perintah Kim Jong Un. Dia ditahan dan langsung dieksekusi hanya tiga hari setelah penangkapannya tanpa melalui proses hukum.
 

NIS juga menyebut sejak Kim Jong Un berkuasa pada 2011, setidaknya 70 orang pejabat tinggi Korea Utara sudah dieksekusi. Salah satu yang dieskekusi adalah pamannya sendiri yaitu Jang Song Taek.


Editor: Heru Setianto
Source: Net

0 Response to "Kejam! Tertidur di Depan Kim Jong-un, Mepan Korut di Tembak Mati"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)