Fakta Tentang Handphone Cina dan Perbedaannya

Views:
Pasti mayoritas orang Indonesia sudah tidak asing dengan istilah handphone Cina. Dimana masyarakat kebanyakan berpendapat, bahwa handphone Cina adalah sebuah ponsel yang dibuat oleh negara Cina dengan kualitas dan bahan kurang bagus, harga murah, cepat rusak, barang tiruan. Sebelumnya pendapat tersebut memang tidak seluruhnya benar, namun juga tidak ada salahnya. Untuk itu maka penulis akan sedikit share tentang fakta menarik ponsel buatan cina ini.


Fakta Tentang Handphone Cina dan Perbedaannya
Xiaomi Mi 3 salah satu ponsel buatan Cina/ gadgets.ndtv.com

Berikut ini beberapa fakta-fakta tentang ponsel Cina, yang cukup menarik untuk disimak:
1. Rata-rata ponsel di dunia, dirakit di Cina
Mayoritas ponsel yang dipasarkan di seluruh dunia terutama indonesia, kebanyakan diproduksi dan dirakit oleh Cina. Dengan biaya para pekerja yang lebih murah dan berlimpahnya bahan baku pembuat ponsel, membuat banyak investor melirik Cina sebagai tempat semua proses produksi mereka yang menguntungkan. Terlepas dari murahnya biaya pekerja, namun hasil ponsel rakitan cina tidak diragukan kualitasnya.

2. iPhone diproduksi dan dirakit di Cina
iPhone yang notabennya dikenal sebagia ponsel mewah dan termahal di dunia, juga di produksi di Cina. Meski buatan Cina, namun desain iPhone tetap dari California. Walau banyak yang mengkritik akan proses produksinya di cina, namun pihak Apel tetap mengawasi dan menjaga kualitasnya oleh para tenaga ahli. Jadi apakah ponsel yang diproduksi di Cina seperti iPhone bisa di sebut ponsel Cina, tentu saja tidak kan.

3. Ponsel Cina memang murah, tapi tidak murahan
Masih banyak orang kita menganggap kualitas ponsel cina itu kurang baik. Tapi sekarang presepsi tersebut harus diubah. Sebab merek-merek ponsel buatan asli dari Cina seperti Lenovo, Xiaomi, OnePlus, Oppo, dan ZTE, apakah bisa disebut sebagai ponsel yang berkualitas kurang baik. Tentu saja tidak kan, mereka bahkan disejajarkan dengan ponsel sekelas Apple maupun Samsung. Wajar dengan produksi yang murah dan hasil berkualitas, merek-merek Cina mulai diperhitungkan di dunia ponsel pintar.

4. Ponsel lokal adalah ponsel Cina, belum tentu
Advan, Axioo, Evercoss, Mito adalah sebagian merek yang disebut sebagai ponsel lokal. Namun banyak yang berpendapat bahwa ponsel lokal itu adalah ponsel Cina. Itu sepenuhnya memang tidak salah. Memang sebagian besar komponen berasal dan dibuat oleh Cina. Baru para produsen lokal membeli ponsel jadi tersebut dan memberikan merek lokal sebelum dijual kepasran indonesia. Jadi ponsel yang seperti inilah, yang bisa dikatakan sebagai ponsel Cina.

Tapi tidak semua ponsel lokal dibuat di negara Cina, ada juga yang dirakit di tanah air. Salah satu contohnya produsen Axioo, mereka melakukan semua perakitan dan proses produksi di dalam negeri. Maka ponsel yang seperti ini bisa dibilang sebagai ponsel lokal.

5. Ponsel Replika buatan Cina lebih murah
Ponsel tiruan juga sering disebut ponsel replika. Ponsel buatan cina ini mempunyai bentuk dan desain yang sangat mirp dengan ponsel ternama di pasaran. Tapi komponen dan software ponsel replika ini jelas berbeda, bahkan kualitasnya beda jauh dengan ponsel aslinya. Itu wajar saja, sebab beberapa produksi ponsel replika dibuat di Cina, dalam industri skala rumahan. Dengan harga yang jauh lebih murah, ponsel tiruan ini cukup digemari namun kualitasnya belum tentu sebaik yang aslinya bukan.


Baca juga: Tiga Cara Mudah Download Video Youtube Tanpa Software
                 Foto Bayi Perempuan Kate Middleton, Pewaris Takhta Kerajaan Inggris
 

Demikian sedikit informasi tentang fakta tentang handphone Cina, semoga sekarang kita sudah bisa membedakan mana yang disebut dengan beberapa istilah di atas. Jadi tidak semua ponsel buatan Cina itu murahan iah, dan ponsel lokal tidak sepenuhnya handphone Cina.

Editor: Heru Setianto
Source: droidlime.com

0 Response to "Fakta Tentang Handphone Cina dan Perbedaannya"

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar iah. Biar admin lebih semangat posting artikelnya :)

Visitor