Anda Takut Melihat Foto Ini! Berarti Anda Penderita Trypophobia

Views:
Mungkin penyakit trypophobia atau penyakit takut lubang masing asing ditelinga kita bukan, tapi sebenarnya penyakit trypophobia ini masih tergolong kedalam penyakit phobia. Dimana Phobia sendiri adalah ketakutan dirasakan saat melihat suatu objek sampai ketakutan tersebut memberikan efek nyata.

Anda Takut Melihat Foto Ini! Berarti Anda Penderita Trypophobia
Anda Takut Melihat Foto Ini! Berarti Anda Penderita Trypophobia/ Foto: Capture Pribadi




Seperti takut melihat cacing, kelabang, ulat bulu dan takut kepada obyek lainnya. Berdasarkan sebuah penelitian meyebutkan bahwa banyak ribuan orang yang mengaku takut melihat obyek seperti gambar diatas.

Penyakit trypophobia merupakan salah satu penyakit phobia yang takut ketika melihat lubang. Penyakit Phobia ini diketahui adalah jenis ketakutan yang baru setelah Tim ilmuwan bidang psikologi dari University of Essex di Inggris yang dipimpin oleh Geoff Cole mengidentifikasinya.
 

Ketakutan penyakit ini ketika melihat lubang tertentu, baik itu berupa gambar maupun objek yang dilhat langsung oleh penderita. Lubang yang dimaksud adalah lubang yang berpola rapat berulang dan memiliki pori-pori (rongga).

Contoh dari lubang tersebut seperti sarang lebah, sarang semut, pori-pori yang membesar pada kulit, gelembung sabun, terumbu karang, bunga yang berpori, spons, sum-sum tulang dan objek lainya.

Tes trypophobia, silahkan lihat pada video di youtue erikut ini untuk mengetahui apakan anda seorang penderita atau buka, masuk ke link disamping https://youtu.be/UIqBXcXm6Yg

Gejala bagi para penderita trypophobia maka yang akan memberikan efek rasa jijik. Atau efek lainnya yang dirasakan seperti kepala pusing, mual-mual, mengalami perasaan cemas akut, jantung berdebar, berkeringat dan migrain.

Sementara Trypophobia yang akut akan selalu mengingat setelah melihat objek ketakutan tersebut dan menimbulkan beberapa efek kesehatan yang dimaksud.

Jika anda ingin memastikan apakah anda memang penderita Trypophobia atau bukan, silahkan buka video tes Trypophobia di link ini https://youtu.be/Q4bOGhS0uKo.

Penyebab dari penyakit trypophobia memang belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun para penelitian mengungkapkan bahwa kemungkinan penyebab penyakit ini berawal dari kondisi traumatis ketika masa anak-anak yang membekas hingga dewasa.

Sebenarnya pengobatan penyakit ini dapat sembuh secara alami, yaitu dengan cara menghadapinya langsung melihat objek atau berupa gambar yang ditakuti secara langsung. Sedangkan cara lainya dengan pendekatan emosional dengan konsultasi ke psikolog atau ke hipnoterapy.



Editor: Heru Setianto

Source: trypophobia.com

9 Responses to "Anda Takut Melihat Foto Ini! Berarti Anda Penderita Trypophobia"

  1. bukanya takut, rada geli, tapi cujma gambar tertentu aja gak semua

    ReplyDelete
  2. Lw merinding & lgsung gatal"...kira" trmasuk trypophobia gx y.. .

    ReplyDelete
  3. merinding bulu kuduk ku... apa aq phobia ini?

    ReplyDelete
  4. merinding bulu kuduk ku... apa aq phobia ini?

    ReplyDelete
  5. Kalo Gw Geli Sama Langsung Gatal" Kalo Ngelihat Lubang" Di Tubuh Manusia Itu Termasuk Trypophobia Gk Gan?

    ReplyDelete
  6. solusinya gmn gan? sy merinding n keringetan jk ngeliatin bintik bolong,kk d liatin trus mlah jd gelisah gak jelas..

    ReplyDelete
  7. Harus di lawan kak rasa takutnya, saya jg mengalami trypophobia tp coba saya biasakan lihat gambar2 itu pelan2 jd biasa aja... itu gambar editan kok hehe

    ReplyDelete

Sempatkan sebentar untuk berkomentar untuk saling bertukar pendapat :)