Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jawa Tengah Secara Online ( Via Laptop dan HP)

Views:
Cek pajak kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Sekarang bisa diakses secara online loh, asal laptop atau HP anda terhubung dengan jaringan internet maka langsung bisa mengakses berapa tagihan pajak kendaraan bermotor anda.

Berhubung saya berdomisili di Jawa Tengah, maka saya akan share cara cek pajak kendaraan bermotor di SAMSAT online sekitar Jawa Tengah seperti: Semarang, Surakarta, Pati, Pekalongan, Banyumas, dan Kedu. Jadi berbahagialah bagi yang bertempat tinggal disini, sebab tidak semua provinsi di Indonesia mempunyai pelayanan SAMSAT online seperti ini.
 

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jawa Tengah Secara Online sekitar Semarang, Surakarta, Pati, Pekalongan, Banyumas, dan Kedu
Gedung SAMSAT/ dppad.jatengprov.go.id

Update 5 juli 2015: Cara ini sudah tak bisa dipake lagi, link resmi dppad.jatengprov.go.id telah suspended

Apakah keuntungan cara cek pajak kendaraan bermotor?
a. Tidak perlu cape-cape ngecek ke SAMSAT.
b. Bisa memperkirakan berapa biaya yang akan dibayarkan, jadi anda tidak akan mengalami malu kalau uang anda kurang saat membayar di SAMSAT.
c.  Tidak kena calo (penipu) dan tentunya bisa memantau Petugas SAMSAT nakal atau tidak.


Berikut cara cek pajak kendaraan Bermotor secara online di SAMSAT Jawa Tengah (Dinas PPAD Provinsi JAWA TENGAH):
1. Pertama masuk dulu ke alamat website resmi Samsat Jawa Tengah Online di dppad.jatengprov.go.id, lalu pilih menu INFO CEPAT --->  INFO PAJAK KENDARAAN. Maka akan tampil form tentang Info Pajak Kendaraan.
2. Jika anda merasa langkah diatas terlalu lama, silahkan klik link ini dppad.jatengprov.go.id/?page_id=226 maka anda akan langsung dibawa ke form Info Pajak Kendaraan.
3. Masukkan plat nomor/ nomor kendaraan bermotor anda pada kotak yang tersedia. Isilah kotak sesuai petunjuk contohnya: ( H / 3112 / UU ), lalu langkah terakhir tinggal klik “Submit“.


Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jawa Tengah Secara Online sekitar Semarang, Surakarta, Pati, Pekalongan, Banyumas, dan Kedu

4. Selamat informasi tentang jumlah pajak yang harus anda bayarkan sudah tampil, silahkan bayar di SAMSAT terdekat sebelum jatuh tempo. Jika ingin mengecek nomor kendaraan lain tinggal klik “Reset” iah.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jawa Tengah Secara Online sekitar Semarang, Surakarta, Pati, Pekalongan, Banyumas, dan Kedu

Di bawah ini contoh biaya pajak kendaran sepeda motor yang harus saya wajib lunasi tahun ini, nomor kendaraan dan wilayah kendaraan saya blur soalnya buat privasi penulis. (Takut kalau sampai ketemu pembaca dijalan, trus ngenalin penulis malah terpesona lihat kecakepannya hee)
 

Sekedar mengingatkan teman-teman yang sudah tahu biaya pajak sepeda motor atau mobil, dan mau membayar ke SAMSAT terdekat. Jangan lupa ada  Tiga persyaratan pembayaran pajak kendaraan bermotor, yang penulis kutip dari situs resminya Dinas PPAD Provinsi JAWA TENGAH yaitu:
a. KTP/SIM/Passport  asli dan fotocopy
b. BPKB asli dan fotocopy
c. STNK asli dan fotocopy

 
Sudah tau berapa biaya pajak kendaraan yang mau dibayar, Syaratnya buat bayar juga sudah. Yang belum apa iah. Oh ia alamat lengkap setiap SAMSAT yang ada di Jawa Tengah *&%$%#$@#!#!#$????



Baca juga: Nonton TV Streaming Online Saluran Nasional dan Internasional
 

Editor: Heru Setianto
Source: Dinas PPAD Prov.Jateg

9 Responses to "Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jawa Tengah Secara Online ( Via Laptop dan HP)"

  1. mudah juga ya ngecek pajak motor
    thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan, cek biaya pajak kendaraan jd gampang :)

      Delete
  2. Kok websitenya suspended ya..ada link yg kaen nggak ya

    ReplyDelete
  3. Ia gan ternyata sekarang dah Suspended webnya, barusan aku check. Padahal dari dulu aku pake trus loh..
    Kalau link resmi yang aktif, belum ketemu mas :)

    ReplyDelete
  4. info menarik
    bisa cek tagihan pajak tepat waktu nih
    terima kasih ya

    ReplyDelete
  5. Pada kendaraan kredit bolehkah membayar pajak dg keterangan dealer (Bpkb mash di dealer).?

    ReplyDelete
  6. Bagaimana menghitung kenaikkan pajak progresif? Mis. 1 Mobil + 1 motor. Th. lalu pajak Mobil 3250000, th. ini jadi 4.500.000,- Malah naik? Mohon penjelasan?

    ReplyDelete
  7. Gudang ora keno gawe Ngecek

    ReplyDelete
  8. terimakasih bnyak infonya ya, saya akan coba cek

    ReplyDelete

Sempatkan sebentar untuk berkomentar iah. Biar admin lebih semangat posting artikelnya :)

Visitor