Selamat Hari Tuberculosis Sedunia Tahun 2015, Menjangkau 3 Juta Orang

Views:
Tahukan kamu kalau setiap tanggal 24 Maret, dunia internasional memperingatinya sebagai Hari Tuberkolosis Se Dunia atau yang lebih sering disebut World TB Day. Peringata ini pada awalnya untuk mengenang penemuan sumber TB yaitu bakteri tubercle bacillus, yang diumumkan oleh Dr Robert Koch pada tanggal tersebut di tahun 1882. Dr Robert Koch sendiri kemudian mendapatkan sebuah hadiah Nobel di bidang Kedokteran di tahun 1905 atas penemuannya itu. Perlu diketahui menurut data statistik dari situs stoptb.org setiap tahun muncul 9 juta kasus TB baru di dunia, dimana kasus kematian akibat penyakit ini hampir merenggut nyawa 1,5 juta orang setiap tahunnya.


Hari Tuberculosis Sedunia/ World TB Day 2015, Tema, arti, data statistik penderita TB
Poster WTBD 2015/ stoptb.org
 
Dalam peringatan Hari TB sedunia tahun 2015 ini, masyarakat internasional mengambil tema  "Reach the 3 Million: Reach, Treat, Cure Everyone" (Menjangkau 3 Juta: Menjangkau, Mengobati, Merawat Semua orang). Pesan utama dari peringatan WTBD ini adalah mengajak masyarakat global untuk melanjutkan komitmen mereka untuk menemukan, mengobati dan menyembuhkan semua orang dengan TB dan mempercepat kemajuan menuju tujuan berani mengakhiri TB pada 2035.

Negara kita, indonesaia juga salah satu tempat penyebaran wabah penyakit TB yang cukup besar di daerah sekitar Asia loh. Menurut data terbaru yang di rilis WHO tahun 2014 terlihat adanya peningkatan pelaporan kasus TB di Indonesia dari tahun 20013 sampai 2014, yaitu tingkat pelaporan kasus TBC meningkat dari sekitar 61 menjadi 73 per 100.000 penduduk, dan pelaporan kasus kematian (Mortalitas) TB dan HIV positif meningkat dari 25 menjadi 30 per 100.000 penduduk.

Begitulah yang penulis kutip dari data statisik laporan tutup tahun dari WHO tentang penderita TB di Indonesia tahun 2014. Kalau ada yang bertanya kenapa ngga data tahun 2015 saja, maka saya akan langsung jawab data tersebut belum ada. Bukannya tahun 2015 juga baru berjalan 3 bulan kurang bukan. Kalau ada yang berfikir seperti itu, berarti sama seperti saya. Nyari data penderita TB di Indonesia tahun 2015 kok ngga ketemu-ketemu haha. Jika teman-teman ingin lebih jelas dan data lebih rinci lagi untuk tugas sekolah, kuliah, atau pengetahuan saja. Silakan kunjungi tautan data WHO ini untuk update informasinya setiap tahun ke tahun, dijamin bakal pusing baca tabel sama grafiknya hee.

Meskipun data penyakit ini cukup besar, bahkan di tanah air tercinta kita ini. Tenang saja, orang yang duduk di atas lebih paham dan lebih pintar. Ngga percaya, simak berita di bawah ini.
Majelis Kesehatan Dunia, yang diselengarakan oleh WHO di Palais des Nations PBB di Jenewa, mengeluarkan resolusi Mei 2014 yang mendukungan penuh pasca-2015 Strategi Global TB baru. Strategi ini bertujuan untuk mengakhiri epidemi TB global, dengan target untuk mengurangi kematian TB sebesar 95% dan untuk memotong kasus baru sebesar 90% antara tahun 2015 dan 2035, dan untuk memastikan bahwa tidak ada keluarga yang dibebani dengan biaya bencana akibat TB. Yang penulis lansir dari who.int.


Untuk melaksankan tujuan tersebut, organisai dunia internasional dalam mengkampanyekan hal tersebut bahkan saat ini telah menyediakan pendanaan sebesar US $ 2 miliar per tahun untuk intervensi TB dan  US $ 1.390 juta per tahun untuk penelitian dan pengembangan dalam menangani TB dan MDR-TB yang menjadi ancaman keamanan kesehatan global. Di lansir dari stoptb.org.

Bagaimana setelah membaca artikel ini, sudah paham bukan apa yang sedang kita hadapi saat ini mengenai penyakit TB. Demikian arti di balik peringatan Hari Tuberculosis Sedunia Tahun 2015, semoga sedikit memberi kita pemahaman tentang penyakit TB. Jika ada yang ingin mendownload Poster tentang tema Hari Tuberculosis Sedunia Tahun 2015 bisa kunjungi tautan link tadi.

Editor: Heru Setianto
Source: stoptb.org dan who.int/tb

0 Response to "Selamat Hari Tuberculosis Sedunia Tahun 2015, Menjangkau 3 Juta Orang "

Post a Comment

Sempatkan sebentar untuk berkomentar iah. Biar admin lebih semangat posting artikelnya :)

Visitor