Selamat Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili ( “Gōngxǐ fācái” )

Views:
Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting untuk semua etnis Tionghoa, pada tahun ini perayaan tahun baru imlek  2566 (KambingKayu) ini jatuh pada tanggal 19 Februari 2015 yang juga menjadi Hari libur nasional dalam Kalender Indonesia. Tahun baru Imlek biasanya berlangsung sampai 15 hari.

Pada hari raya Imlek, bagi etnis Tionghoa adalah suatu keharusan untuk melaksanakan pemujaan kepada leluhur, seperti, dalam upacara kematian, memelihara meja abu atau lingwei (lembar papan kayu bertuliskan nama almarhum leluhur), bersembahyang leluhur pada hari Ceng Beng (hari khusus untuk berziarah dan membersihkan kuburan leluhur).

Oleh sebab itu, pada Hari Raya Imlek anggota keluarga akan mengunjungi rumah anggota keluarga yang memelihara lingwei (meja abu) leluhur untuk bersembahyang. Atau mengunjungi rumah abu tempat penitipan lingwei leluhur untuk bersembahyang.

Selamat Tahun Baru Imlek 2566, selamat tahun baru imlek 2015,  Gōngxǐ fācái, hari raya imlek 2566, sejarah tahun baru imlek di indonesia, cara mengucapakan selamat tahun baru imlek yang benar
imlek - okezone

Tahun pertama Tahun Baru Imlek/Yinli dihitung berdasarkan tahun pertama kelahiran Kongfuzi (Confucius), hal ini dilakukan oleh Kaisar Han Wudi sebagai penghormatan kepada Kongfuzi yang telah mencanangkan agar menggunakan sistem penanggalan Dinasti Xia dimana Tahun Baru dimulai pada tanggal 1 bulan kesatu. Oleh sebab itu sistem penanggalan ini dikenal pula dengan Kongzili.

 Ketua Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Provinsi Kepri, JS Sudarmadi mengimbau Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota, maupun swasta yang ingin memberikan ucapan selamat agar diseragamkan. ”Pengucapan selamat tahun baru Imlek yang betul adalah Selamat Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili yang bertepatan jatuh pada Kamis (19/2) mendatang. Kalau ada yang mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2015, itu adalah tanggal Masehi. Kalau Imlek yang betul tanggal 1 bulan 1 tahun 2566 Imlek,” terangnya. Seperti yang dilansir Batamkota.

Baca juga:  6 Foto Motif Batu Akik Langka dan Khas Daerah Indonesia
                  10 Gambar & Foto Lucu Gokil Terbaru Yang Bikin Ketawa Ngakak

Sebelumnya pada masa pemerintahan Presiden Soeharto selama tahun 1968-1999, melarang segala hal yang berbau Tionghoa termasuk perayaan tahun baru Imlek dilarang dirayakan di depan umum. Kemudian presiden Abdurrahman Wahid mencabut perturan tersebut dengan meresmikan Imlek sebagai hari libur fakultatif (hanya berlaku bagi mereka yang merayakannya). Baru pada kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri, Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional mulai tahun 2003 sampai sekarang.
Demikian sedikit informasi tentang tanggal perayaan, sejarah di Indonesia, dan pengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek yang benar. Meskipun penulis sendiri tidak merayakannya, tetapi suasana Imlek tetap terasa (Sebab tanggal merah jadi libur hee). Sebelumnya, penulis sebagai admin tunggal blog ini mengucapkan: "Selamat Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili..." "Gōngxǐ fācái………!" :)

Editor: Heru Setianto



1 Response to "Selamat Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili ( “Gōngxǐ fācái” )"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Sempatkan sebentar untuk berkomentar iah. Biar admin lebih semangat posting artikelnya :)

Visitor